Page 30 - Juknis Penggunaan Panduan Praktis CG dlm PJP Lansia
P. 30
C. Proses Pembelajaran :
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas, dilakukan proses pembelajaran seperti
digambarkan pada diagram berikut ini.
Pembukaan
Pre Test
Dinamika Kelompok
Pembekalan Kemampuan (materi inti):
Wawasan (materi dasar):
1. Kebijakan Perawatan a. Mengetahui atau menjelaskan proses penuaan serta
Jangka Panjang dampaknya pada kesehatan lansia
Kepada Lansia Oleh b. Melakukan Perawatan Lansia Secara Umum Serta
Pemenuhan Aktifitas Kehidupan Sehari-Hari (AKS) dan
Caregiver Informal di Aktivitas Instrumental Kehidupan Sehari-Hari (AIKS)
Tingkat Masyarakat c. Melakukan perawatan lansia dengan masalah khusus yang
sering terjadi
EVALUASI Ceramah, curah pendapat e. sering terjadi pada lansia
Melakukan pertolongan pertama pada keadaan darurat yang
d.
Metode :
Menyebutkan pemanfaatan tanaman obat keluarga, dan
akupresure
f.
Menyebutkan etika umum dan melakukan teknik komunikasi
kepada lansia
kebutuhan psikososial dan spiritual lansia
h.
Menyebutkan tindakan keamanan bagi lansia
g. Menyebutkan kesehatan jiwa bagi lansia serta pemenuhan
i. Menyebutkan pemenuhan gizi seimbang dan cairan sesuai
kebutuhan lansia
j. Menyebutkan masalah yang dapat dialami caregiver dan
pencegahan serta cara mengatasinya
k. Melakukan pencatatan dan pelaporan menggunakan Buku
Kesehatan Lansia atau format lainnya
Metode :
- Ceramah, Tanya jawab
- Curah pendapat dan diskusi
- Praktek di kelas, role play, video tutorial, praktik lapangan
Praktek Lapangan
Rencana Tindak Lanjut
Post Test dan Evaluasi Penyelenggaraan
Penutupan
Gambar 1. Diagram Alur Proses Pembelajaran
21