Page 51 - PANDUAN PRAKTIS CAREGIVER 2019
P. 51

a. Manfaat Komunikasi yang Baik  d. Kiat melakukan komunikasi dengan lansia.

 Komunikasi yang baik akan menguntungkan dua belah pihak yaitu  1) Secara umum:
 caregiver maupun lansia, diantaranya:  o Gunakan  metode komunikasi yang sesuai,  misal:  tanya


 o  Membangun hubungan dan kepercayaan yang baik  jawab/bahasa isyarat sederhana
 o  Meningkatkan hubungan baik dan saling memahami  o Bicaralah secara perlahan, jelas, dalam nada yang normal

 o  Mengurangi stres        o Fokuskan pada satu  pembicaraan  dan ulangi  pesan  jika
                               perlu
 b. Kerugian akibat komunikasi yang buruk  o Lakukan kontak mata dengan lansia dengan posisi sejajar

 Komunikasi yang buruk akan merugikan caregiver maupun lansia  untuk menciptakan suasana yang nyaman sehingga lansia

 karena dapat menimbulkan:     lebih terbuka

 o  Kekesalan               o Mendengarkan dengan sabar dan berfokus pada apa yang
 o  Frustrasi                  sebenarnya lansia sampaikan

 o  Kesalahpahaman dan perasaan negatif lainnya  o Konfirmasikan kembali pesan yang telah  diterima  dengan
                               meminta lansia mengulangi pesan yang disampaikan, atau

 c. Penyebab kesulitan dalam berkomunikasi:  caregiver mengulangi pesan yang disampaikan lansia
 1) Masalah fisik:  misalnya  kehilangan  atau menurunnya  o Beri dukungan  lansia  untuk menyampaikan  kebutuhan,

 kemampuan mendengar, melihat,  bicara,  meraba,  alat bantu  pandangan, dan keinginan mereka,  bersabarlah,  dan beri
 dengar tak berfungsi dengan baik, dll.  waktu lansia untuk menyampaikan hal tersebut

 2) Masalah perilaku:  misalnya masalah dalam  sikap,  persepsi  o Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh lansia (misal
 dan tindakan  (dapat dipengaruhi  oleh  pola asuh,  pendidikan,  penggunaan bahasa daerah)

 budaya, kepercayaan, dll, atau gejala kepikunan).  2) Kiat  berkomunikasi  dengan  lansia  yang mengalami

 3) Kemampuan berkomunikasi yang buruk  masalah komunikasi:
  Kurangnya  kemampuan  dalam menyampaikan pesan  o Periksa  keadaan   telinga   apakah  ada  yang

 termasuk bahasa, ucapan, nada, dan teknik ekspresi wajah  menghalangi/menyumbat.  Bila menggunakan  alat bantu
 dan bahasa tubuh,             dengar, pastikan  dalam kondisi  baik, dan terpasang

  Kurang mampu mendengarkan dan mengamati  dengan  dengan benar.

 baik, serta menunjukkan bahwa pesan itu dipahami.
 4) Masalah lingkungan: misalnya lingkungan yang bising.




                                                                                            41
 40                                                                                         41
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56