Page 51 - PANDUAN PRAKTIS CAREGIVER 2019
P. 51
a. Manfaat Komunikasi yang Baik d. Kiat melakukan komunikasi dengan lansia.
Komunikasi yang baik akan menguntungkan dua belah pihak yaitu 1) Secara umum:
caregiver maupun lansia, diantaranya: o Gunakan metode komunikasi yang sesuai, misal: tanya
o Membangun hubungan dan kepercayaan yang baik jawab/bahasa isyarat sederhana
o Meningkatkan hubungan baik dan saling memahami o Bicaralah secara perlahan, jelas, dalam nada yang normal
o Mengurangi stres o Fokuskan pada satu pembicaraan dan ulangi pesan jika
perlu
b. Kerugian akibat komunikasi yang buruk o Lakukan kontak mata dengan lansia dengan posisi sejajar
Komunikasi yang buruk akan merugikan caregiver maupun lansia untuk menciptakan suasana yang nyaman sehingga lansia
karena dapat menimbulkan: lebih terbuka
o Kekesalan o Mendengarkan dengan sabar dan berfokus pada apa yang
o Frustrasi sebenarnya lansia sampaikan
o Kesalahpahaman dan perasaan negatif lainnya o Konfirmasikan kembali pesan yang telah diterima dengan
meminta lansia mengulangi pesan yang disampaikan, atau
c. Penyebab kesulitan dalam berkomunikasi: caregiver mengulangi pesan yang disampaikan lansia
1) Masalah fisik: misalnya kehilangan atau menurunnya o Beri dukungan lansia untuk menyampaikan kebutuhan,
kemampuan mendengar, melihat, bicara, meraba, alat bantu pandangan, dan keinginan mereka, bersabarlah, dan beri
dengar tak berfungsi dengan baik, dll. waktu lansia untuk menyampaikan hal tersebut
2) Masalah perilaku: misalnya masalah dalam sikap, persepsi o Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh lansia (misal
dan tindakan (dapat dipengaruhi oleh pola asuh, pendidikan, penggunaan bahasa daerah)
budaya, kepercayaan, dll, atau gejala kepikunan). 2) Kiat berkomunikasi dengan lansia yang mengalami
3) Kemampuan berkomunikasi yang buruk masalah komunikasi:
Kurangnya kemampuan dalam menyampaikan pesan o Periksa keadaan telinga apakah ada yang
termasuk bahasa, ucapan, nada, dan teknik ekspresi wajah menghalangi/menyumbat. Bila menggunakan alat bantu
dan bahasa tubuh, dengar, pastikan dalam kondisi baik, dan terpasang
Kurang mampu mendengarkan dan mengamati dengan dengan benar.
baik, serta menunjukkan bahwa pesan itu dipahami.
4) Masalah lingkungan: misalnya lingkungan yang bising.
41
40 41