Page 20 - Juknis Penggunaan Panduan Praktis CG dlm PJP Lansia
P. 20

BAB III

                                      PEMANTAUAN, PEMBINAAN DAN PELAPORAN


                   A.  PEMANTAUAN
                      Pemantauan dilakukan dalam rangka melihat perkembangan dan pencapaian,

                      serta  masalah  dalam  pelaksanaan  pelatihan  caregiver  oleh  puskesmas  serta

                      implementasi  PJP bagi lansia. Hasil pemantauan dapat dijadikan bahan acuan
                      untuk  perbaikan  terhadap  pelaksanaan  selanjutnya.  Kegiatan  pemantauan

                      dilakukan  secara  berkala  dan  berjenjang  mulai  dari  tingkat  desa/kelurahan,
                      kecamatan,  kabupaten/kota  dan  provinsi.  Pemantauan  di  tingkat  provinsi  dan

                      kabupaten/kota dilakukan minimal 3 (tiga) bulan sekali.


                      Hal-hal yang perlu dipantau meliputi:

                      a)  Pemantauan terhadap peserta pelatihan bagi caregiver (keadaan dan minat
                          peserta, kehadiran, keaktifan peserta).

                      b)  Implementasi  setelah  selesai  pelatihan  (proses  pendampingan  lansia  oleh
                          caregiver,  hambatan  yang  dirasakan  caregiver  dalam  membantu

                          pemenuhan kebutuhan sehari-hari (ADL/IADL) lansia, dan sebagainya).


                   B.  PEMBINAAN

                      Pembinaan  perlu  dilakukan  secara  terus  menerus  agar  hasil  pelatihan  dapat
                      bermanfaat  dan  diterapkan  oleh  caregiver.  Petugas  Kesehatan  yang  melatih

                      dapat membentuk kelompok caregiver yang bertemu secara berkala, misalnya

                      satu bulan sekali. Forum ini dapat dimanfaatkan untuk :
                      -  Menyegarkan kembali materi pelatihan yang mungkin terlupa

                      -  Menambah pengetahuan dan ketrampilan yang berkembang
                      -  Mengevaluasi hasil pelatihan

                      -  Sarana  caregiver  untuk  curah  pendapat,  bertanya  atau  berbagi

                          pengalaman/ berbagi rasa dengan petugas dan sesama caregiver, sehingga
                          dapat meredakan kebosanan dan stres yang dialami


                      Apabila terdapat caregiver yang tidak memungkinkan datang pada pertemuan

                      kelompok, dapat dilakukan kunjungan rumah.







                                                                                                               11
   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25